Cara Membuat Daftar Nama dan Prospecting

Membuat Daftar Nama & Prospekting adalah pekerjaan utama seorang pebisnis Oriflame yang merupakan bisnis Network Marketing atau disebut juga “Bussiness People” kekuatan awal bisnis ini adalah relasi atau referensi.

Jika menjalankan bisnis ini tanpa Daftar Nama dan selalu memperpanjang daftar nama, maka kamu tidak akan berhasil mendapat prospek untuk bisa menghasilkan penjualan dan perekrutan, karena ini adalah PEKERJAAN MENDASAR DAN SANGAT PENTING!

 

PRINSIP

1. Jangan pilih-pilih
Dalam membuat daftar nama jangan berpikir “sepertinya dia tidak bisa/tidak mau menjalani bisnis ini atau dia tidak akan membeli”. Jangan jadi dukun / peramal!

Yang berhak menentukan dia mau atau tidak mau menjalankan bisnis ini adalah dia sendiri, bukan kita!

Berpikirlah “apabila kamu sukses, kira-kira, siapakah yang ingin kamu ajak?” artinya semua orang yang kamu kenal wajib di tuliskan. Semua orang berhak untuk sukses!!

2. Tertulis
Dalam membuat daftar nama, kamu wajib untuk MENULISNYA.

Teman teman kita yang sukses,  memiliki daftar nama, sebaliknya mereka yang gagal tidak mau memperpanjang daftar namanya bahkan tidak pernah membuatnya.

Terserah kamu mau memiliki bisnis yang besar dan menghasilan atau hanya sekedar bangga saja jadi member Oriflame tetapi tidak memiliki penghasilan!

3. Duplikasikan

Banyak member yang berhenti karena tidak lagi ada presentasi di jaringannya. Hal ini rata-rata bukan dikarenakan member malas presentasi tapi member kehabisan orang untuk dipresentasi.

Bayangkan jika kamu menulis 40 prospek dalam daftar nama, dan 40 prospek kamu tersebut menulis 40 nama lagi, dan seterusnya.
Generasi I : 40 nama
Generasi II: 1600 nama
Generasi III: 64000 nama dst

Kalau daftar nama kita habis, atau kenalan kita ditempat kita yang baru tidak ada. Solusinya adalah PROSPECTING!!

Jumpai orang orang diluar sana yang jumlahnya sangat banyak sekali, di perkantoran, foot court, sekolah, pasar, ruang tunggu, terminal, bandara, organisasi, rumah sakit/klinik, salon, warnet, pusat perbelanjaan.

Wahhh masih banyak tempat yang bisa kita jumpai banyak orang kecuali lubang semut!

Langkah-langkah prospecting :

1. Dalam prospecting, mindset kita diawal adalah untuk menambah teman, jangan singgung masalah bisnis (Build Trust) dulu.

Buka percakapan dan jangan banyak ngomong tapi lebih sering bertanya & mendengarkan “FORM” ( Family, Occupation, Recreation, & Message ) maksimal 5 menit!!

2. Untuk masuk ke bisnis bisa dibuka dengan pertanyaan, misal:
•  “Ingin tampil cantik dan punya penghasilan tambahan?”
•  “Selain kuliah ada keinginan untuk hidup mandiri belum?” (untuk pelajar)

•  “Selain kerja ingin tidak nambah uang ekstra?” (untuk pekerja)
•  “Tertarik ingin berwirausaha tidak?” (untuk pengangguran)

•  “Ingin ikut kelas kecantikan gratis?”
•  “Ingin kerja dari rumah? Sambil ngurus anak dan rumah tangga?”…

 

3.  Kalau mereka menjawab tertarik, langsung lanjutkan ke langkah sukses mengundang.
Kalau mereka menjawab tidak, jangan pernah ajak dia berbisnis. Jadikan teman saja.

Suatu saat, ada masanya orang berubah atau sewaktu bertemu Anda & Anda sudah menyetir CRV Gratis dari Oriflame, dia pasti tertarik. Selalu semangat, itu kuncinya.

Takutnya kalau mereka tidak suka, Anda paksa-paksa,  malah dia menghindar & menghabiskan waktu Anda saja. Paling parahnya membuat kita down sendiri!!s lalu solusinya bagaimana?

SOLUSINYA adalah PROSPECTING!! Jadi “WIN-WIN SOLUTION”, kalau tidak dapat prospek, minimal Anda dapat TEMAN BARU!!

Kiat jago dalam prospecting adalah belajar dari upline, dari temen temen yang sukses, dan baca buku BERPIKIR & BERJIWA BESAR, SERING-SERINGLAH PROSPEKTING!! MINIMAL 5 PROSPEK / HARI!!

Yes We Are the Winners

Leave a Comment


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Segala penggunaan logo dan gambar adalah hak cipta dari Oriflame Sweden SA
error: Maf tidak bisa dicopy...