Copywriting di Bisnis Penjualan dan MLM Oriflame

Sebagai seorang Oriflamers yang menjalankan bisnis-nya secara online, wajib memiliki skill copywriting, karena kekuatan kata-kata bisa menghasilkan omzet penjualan dan perekrutan.

Berikut ini saya berikan cara menulis yang baik berdasarkan  copywriting,  agar promosi produk  dan prospekting kamu menarik pembaca dan menghasilkan penjualan / jumlah rekrut sesuai yang ditargetkan..

  1.  Intinya apa yang kamu tuliskan, harus jujur, bisa menghinotis pembaca, berisi kalimat mantra yang sederhana tidak baku dan harus seperti kita sedang berbicara langsung,
  2. Kalimat harus mengandung ajakan atau tindakan melakukan apa saja yang kamu inginkan, apakah perintah untuk membeli, mendaftar, menghubungi kamu, dlsbg.
  3. Tulislah dengan gaya dan kepribadian kamu sendiri, tampilkan sisi positif kepribadianmu, agar orang yang membaca (target prospek kita) merasa nyaman, dekat, dan percaya pada diri kita.
  4. Tips dari saya, teruslah berusaha dan mencoba,  karena mahir  menulis kalimat iklan yang menarik memang tidaklah mudah, Anda tidak bisa pintar dalam 1-2 kali menulis, tetapi ratusan bahkan ribuan tulisan Anda baru bisa mendapatkan hasilnya,..jika ada kekurangan dari tutorial ini teman teman bisa beerikan pendapat di kolom komentar yaa..
  5. Jangan lupa untuk menambahkan #hashtag yaa,…agar konten kamu bisa masuk dalam pencarian di sosial media ataupun di search engine google.

PROMOSI PRODUK

Contoh promosi produk yang membosankan  dan tidak Enak dibaca

Lipstik ini tersedia 10 warna yang menawan, diskon 30% Rp.99.900

Kalimat yang lebih menarik

💄 Lipstick ini pigmented banget, begitu di pulas langsung mengeluarkan warna yang kuat. Cocok buat kamu yang sibuk seharian.

“Aku setiap hari pakai lipstik ini sejak pagi belum retouch lagi, dan warnanya tetap bertahan sama sampai sore hari dan terasa nyaman lembab bibir, gak perlu pake lipbalm atau lipgloss lagi”

Selain sebagai pemulas bibir, The ONE Colour Obsession bisa dipakai sebagai blush on dan warna dasar eyeshadow lhooo 😍 multi fungsi banget kan.

Nahhh keren bangetsssss yaaa lipstick ini,

Recomended – WAJIB PUNYA 👍🏻🌟🌟🌟 Buat cewek, lipstik ga cukup 1 kan? …. Koleksi yuk  6 warnanya yang keren abiz
Mau beli yang kualitas bagus dan multifungsi gak harus mahal!

Apalagi sekarang ada diskon dari Rp.199.000 jadi cuma Rp.99.900 khusus member potong lagi 23% lhooo

Beli sekarang yachh 🛒 🛍  klik disini : https://id.oriflame.com/products/product?code=35162&storebisniskosmetik (link URL produk ke PBS Anda – Personal Beauty Store)

Jangan lupa sertakan hashtag agar postingan kamu masuk dalam pencarian di sosial media.

#LipstickOriflame
#TheONEColourObsession
#PromoLipstikOriflame

Pada kalimat diatas sudah memenuhi syarat untuk sebuah artikel iklan yang pendek, singkat, jelas (kelebihan produk).

Padat informasi,  jujur (karena pengalaman pribadi), bisa menghinotis pembaca, berisi kalimat mantra yang sederhana (Recomended – WAJIB PUNYA)  tidak baku  seperti kita sedang berbicara langsung (kalimat langsung),

Kalimat sudah mengandung ajakan /tindakan berupa perintah untuk membeli (Apalagi sekarang ada diskon dari Rp.199.000 jadi cuma Rp.99.900 (khusus member potong lagi 23%). Beli sekarang yachh)

 

CONTOH POSTINGAN MEMPROSPEK / MENCARI CALON DOWNLINE.

Kita Sukses bareng  yuk di Oriflame…. Kamu siap yaaa

Mau cerita dikit nih, awal saya join Oriflame itu selain suka sama produknya,  memang saya bener2 tertarik sama bisnisnya, kenapa?…..

Karena mudah di jalanin buat emak emak seperti saya, dan produknya terkenal banget lhoo, jadi gampang jualnya. …

Bulan pertama join saya bisa hasilkan penjulan saat itu sekitar 2 jutaan dan saya berhasil merekrut 9 teman join 0riflame,…wahh ternyata gak disangka semudah ini mendapatkan extra income di Oriflame.

Sejak itulah saya seriusin terus bisnis ini sampai sekaramg, abisnya enak sih,…

Banyak dapat hadiah langsung, keuntungan jualan kapan saja, bonus mingguan, bonus bulanan, cash awards, jenjang karir dan aneka rewards yang sudah saya dapat seperti uang tunai, dan kendaraan.

Ingin jadi reseller
Atau dropshipper
Atau pebisnis jaringan

Kamu bebas pilih …. Semua ada bonusnya dan ada jenjang karirnya…kamu akan mendapatkan panduan dan bimbingan mulai dari awal hingga bisa mencapai income minimal 7 juta perbulan

 

Tips dan Contoh Penulisan yang Baik

Gunakan Judul yang menarik orang untuk membaca

Sebaik apapun isi tulisan Anda tidak akan dibaca, mereka tidak tertarik sama sekali, dan berhenti hanya sampai judul saja jika judul Anda tidak menarik!

Judul adalah pintu gerbang dimana porang akan tertarik untuk melanjutkan atau pergi meninggalkan tulisan Anda.

Ada beberapa syarat membuat judul yang baik :

(1) Judul harus memberi manfaat buat orang yang membaca, artinya juga mereka tahu bahwa judul mewakili topik yang akan dibahas.

(2) Sebaiknya judul memiliki target pembaca dan lebih spesifik,

(3) Buat pembaca penasaran, penting untuk melibatkan perasaan mereka masuk dalam suasana yang Anda harapkan.

Contoh judul yang menarik : 

5 Lipstik Oriflame terpopuler di Indonesia – yang mana favorit kamu?
Saya sudah gunakan cream pemutih wajah ini 12 minggu, lihat yuk hasilnya! Woww perbedaan After-Before

 

Hindari penggunaan kalimat yang monoton,  dan terasa hambar,

Contoh kalimat penawaran yang kurang menarik:

Bila Anda menggunakan Novage Bright Sublime bisa memutihkan kulit dan menghilangkan flek hitam

Kalimat penawaran yang jauh lebih baik:

Dalam 12 minggu pemakaian, terbukti 88 orang dari 100 relawan mencoba Novage Bright Sublime berhasil memutihkan kulit dan menghilangkan flek hitam di wajahnya.

 

Jangan gunakan bahasa atau makna omong kosong, dan tidak jelas,

kata-kata seperti ratusan atau jutaan mungkin terlihat lebih spesifik, tapi terdengar seperti bahasa pemasaran yang dibesar-besarkan atau semu. Gunakan angka tertentu untuk menarik perhatian dan meningkatkan kredibilitas,

Contoh : Seorang sahabat saya sangat bersyukur dan berterimakasih sekali setelah saya menyarankan mencoba Novage Bright Sublime, dia berhasil memutihkan kulit nya dan menghilangkan flek hitam yang sangat banyak di wajahnya.

 

Tidak menggunakan kalimat yang standar dan terasa baku,

hal ini bisa membuat pembaca cepat jenuh dan berhenti melanjutkan, tetapi buatlah kalimat dengan bahasa yang ringan, santai dan mengajak pembaca melakukan tindakan sesuai keinginan kita.

Contoh :  Buktiin sendiri aja deh supaya kamu bisa ngerasain hasilnya, kulit kamu bisa terlihat cerah, mulus dan bebas flek hitam, BELI SEKARANG klik disini aja yaa ada dskon special buat kamu jika beli hari ini.

 

Beri pembaca alasan agar mereka melakukan apa yang kamu inginkan.

Apakah Kamu ingin orang-orang mendengarkan dan mengikuti saranmu ? Beri mereka alasannya mengapa, yang jelas harus membeberkan manfaat dan keuntungan yang bisa mereka dapatkan.

Beritahu mereka, bahwa kamu akan membuat mereka lebih cantik, lebih sehat, atau lebih banyak memiliki penghasilan dari Oriflame, dlsb.

Contoh :

Masalah flek hitam kamu akan memudar 80% setelah pemakaian rutin selama 12 minggu, kulit akan terlihat lebih cerah alami, sehat dan terasa lebih kenyal.

 

Beri pembaca alasan yang lebih baik.

Apa yang sebenarnya diinginkan pembaca haruslah kamu cari tahu,  ketahui minat pembaca secara umum, dan hanya fokus pada keuntungan yang dibutuhkan mereka.

Hindari memberi keterangan/ keuntungan palsu, karena menulis yang baik juga adalah bagian penting dari proses personal branding, dimana kamu sedang membangun kepercayaan di mata prospek.

Tunjukkan manfaat nyata seperti penghematan uang  (Beli sekarang aja, mumpung ada diskon, Menghasilkan lebih banyak uang dengan bergabung menjadi member, Menjadi lebih cantik, dan lebih banyak keuntungan dari Oriflame, produk gratis, hadiah, promo)

Ingat yaaa,…. banyak sekali keuntungan yang bisa di jelaskan dari Oriflame, tetapi tidak semuanya bisa kamu jelaskan dalam 1 kali postingan / artikel pendek, pilihlah satu thema yang sesuai dengan minat pembaca, agar kamu bisa focus menjelaskan keuntungan dan manfaatnya.

 

Buang testimonial yang muluk-muluk,

Sering ngak baca tetimonial yang “to good to be true…!!!” ? Kata-katanya manis banget semanis gula,😊 isinya selalu menyatakan bahwa produk tersebut keren, indah, menakjubkan, super-sempurna ?

Bukan rahasia lagi, kebanyakan orang marketing menulis sendiri testimonial bagi produk mereka. Apalagi jika kamu masih baru gabung di Oriflame

Ya iyalah…mau dapat testimonial dari mana wong belum ada yang beli….heheheh…

Menulis testimonial buat produk sendiri itu ngak jadi masalah, tapi kamu harus menghindari menulis testimonial yang terlalu berlebihan dan samar-samar…

Tuliskan testimonial berbentuk cerita dan mengalir dengan natural … ini akan membuat orang berpikiran lebih masuk akal dan objektif. untuk itulah kenapa kita sendiri di Oriflame wajib pakai produknya,…supaya kita bisa cerita dan memberikan testimoni berdasarkan pengalaman pribadi.

 

Jangan menghindari masalah

Jika pelanggan keberatan dan menganggap produk oriflame terlalu mahal, maka jelaskan bagaimana manfaat produk yang kita sarankan, bisa saja dengan kalimat membantu pelanggan menghemat uang dengan diskon katalog, atau diskon member, atau bantu pilihkan produk sesuai kemampuan daya beli mereka.

Bagaimana kamu membantu mereka mendapatkan solusi atas masalahnya.

Jadi intinya,  jika pelanggan merasa keberatan membeli produk, kamu bisa mengatasinya? …. Nah  copywriting ini adalah tentang penjualan, dan menjual adalah tentang cara menghilangkan keberatan pelanggan agar mau membeli dari kamu.

 

Membicarakan diri sendiri = omong kosong

Kebanyakan iklan pemasaran menjadi sebuah omong kosong karena terus-menerus membicarakan tentang perusahaan dan produknya sendiri.

Hindari terlalu sering menceritakan tentang produk atau perusahaanmu, mulailah menceritakan apa manfaat produkmu, bagaima produkmu bisa mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Contoh :

Seorang sahabat saya, sering gak pede kalau bertemu orang baru, dulu saya kasihan sekali melihat keadaan dia yang serba pemalu karena kekurangan di wajahnya, flek hitam disana sini menyebar rata, menurut cerita dia salah menggunakan krem wajah, saya menyarankan-nya mencoba Novage Bright Sublime, dia berhasil memutihkan kulit nya dan menghilangkan flek hitam yang sangat banyak di wajahnya dalam waktu 12 minggu saja. flek hitam beres dengan cara yang aman dan alami.

 

Sumber inspirasi artikel : thanks to : mbahwp.com

 

Segala penggunaan logo dan gambar adalah hak cipta dari Oriflame Sweden SA
error: Maf tidak bisa dicopy...