Masih Potensikah Testimoni Jualan di facebook? Dongkrak Sales Kamu Gunakan KekuatanTelling Story

Jika kamu ingin berjualan Oriflame di facebook, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai berjuang, jangan sampai kamu down gara-gara merasa sudah banyak post tapi gak berhasil mendapatkan pelanggan.

Saya harap artikel ini tidak membuat kamu patah semangat, tetapi memberi kamu informasi lebih banyak sebelum memulai perjuangan. Hal ini saya  tuliskan dari pengalaman saya selama 10 tahun menggunakan facebook sebagai sarana promosi dan jualan, dan saya setuju pada pendapat dari situs Info Peluang Usaha https://infopeluangusaha.org/jualan-di-facebook-apakah-masih-berpotensi-di-jaman-sekarang/   Dari artikel ini saya coba adaptasikan dengan kondisi jualan produk Oriflame saat ini.

Semoga bermanfaat yaaa,…pastikan kamu baca dan pahami hinnga selesai.

Harus kamu ketahui bahwa saat ini pengguna Facebook sudah muak dengan trik-trik promosi murahan yang sering digunakan oleh banyak penjual, jangan sampai hal ini terjadi pada kamu yaa..

Hal ini terjadi akibat dari marketplace dan juga e-commerce yang marak beberapa tahun belakangan ini, potensi jualan di Facebook juga menjadi tidak seindah jaman dulu dikarenakan banyak pengguna facebook yang tidak lagi tertarik dengan cara-cara promosi penjualan.

Fakta dan kenyataannya saat ini terasa sulit jualan di facebook…. tapi, jangan patah semangat, kamu dapat menggunakan facebook untuk mendapatkan prospek, dengan cara cara yang lebih update sesuai perkembangan zaman.

Dan kabar baiknya, para pelanggar peraturan oriflame yang biasa berjualan di e comerce seperti lazada, tokoped, shoppe dll itu, akan di tindak tegas oleh Oriflame, jadi peluang kamu akan kembali besar mendapatkan pelanggan dari FB lagi.

 

 

Diakui ataupun tidak, cara promosi yang kebanyakan digunakan oleh orang yang berdagang di facebook memang bisa dikategorikan sebagai spam.

Gak mau kann kamu dianggap spam oleh teman2 di facebook kamu!  Yang akhirnya mereka bisa hapus pertemanan. huhuhuhuhu….gara gara sering post jualan, kamu kehilangan teman.

Di facebook kebanyakan orang langsung melakukan promosi secara membabi buta, bahkan penjual berani post di wall orang lain tanpa izin dan mengirimkan inbox yang berisi penawaran produk kepada orang-orang yang sama sekali tidak mereka kenal.

Karena teknik-teknik promosi yang salah tersebut, sekarang sudah cukup banyak pengguna Facebook yang enggan membaca post jualan apalagi  berbelanja online melalui Facebook.

Lalu bagaimana caranya kita bisa menggunakan Facebook sebagai tempat promosi untuk mendukung penjualan online? ……Berikut ini adalah beberapa trik merubah format jualan di Facebook agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan jaman saat ini:

 

Hanya gunakan Facebook sebagai media promosi, bukan jualan!

Jika dulu orang langsung menjajakan barang dagangan di facebook, sekarang hindari menjual produk secara langsung di facebook, kenapa? …. Karena tidak banyak orang yang mau membeli melalui facebook.

Kebanyakan orang yang menggunakan facebook adalah mereka yang sedang mencari informasi terbaru dan berkomunikasi dengan kerabat. Oleh sebab itu, gunakan facebook sebagai media promosi saja. Promosi yang dilakukan di facebook juga jangan selalu membahas mengenai produk yang kamu jual.

Berikan informasi yang lebih bermanfaat bagi konsumen mengenai produk yang kamu jual. Misalkan saja kamu menjual skincare, buat konten menarik yang dapat menjelaskan bagaimana kulit kamu mengalami perubahan setelah menggunakan skincare tersebut.

 

Gunakan tehnik Story Telling, ini lebih ampuh dari pada kamu berjualan yang isinya gambar produk serta postingan yang menggunakan testimoni orang lain.

Story telling adalah teknik penyampaian informasi yang menarik dan dapat mengubah perasaan audiens atau prospek kamu, yaaa kurang lebihnya seperti bercerita. Melalui metode bercerita, target kamu tidak akan bosan dan lebih tertarik saat menerima penawaran barang.

Penyampaian informasi berbau angka dan gambar saja tentu membosankan lhooo. contoh,.. kamu jualan Skincare harga 100K promo jadi 50K, memang sih diskonnya menarik, tetapi mereka tidak tahu manfaat apa dari produk yang kamu jual, dan kamu sendiri tidak menceritakan pengalaman pribadi kamu menggunakan produk ini, sungguh post seperti ini jelek! tidak menarik!

Informasi ini bisa sangat menarik bila disampaikan dengan teknik bercerita, penyampaian hal-hal yang berbau angka dalam berbisnis akan sangat nyaman saat disampaikan melalui cerita pribadi yang jujur.

Jualan skincare lebih tepat dengan kalimat menyarankan, contoh “jika kamu kulitnya ingin sehat, cerah, glowing dan awet muda pakai skincare yang aku pake ini, sudah 12 minggu aku pakai banyak perubahan pada wajahku,….bla….bla….bla….  (sertakan dengan photo kamu sendiri, bukan photo orang lain yaaaa). Nahhh kamu mau kan punya kulit sebagus ini?…. yuk dicoba sekarang,…boleh tanya-tanya aku dulu.

Dengan demikian, kamu dapat menciptakan komunikasi efektif bila  memberikan penjelasan tentang angka dengan menggunakan teknik yang menciptakan ketertarikan prospek.

 

Hindari menggunakan akun Facebook personal untuk promosi apalagi jualan.

Jika kamu sudah cukup serius dalam membuat konten promosi di Facebook, usahakan juga untuk tidak menggunakan akun Facebook personal untuk melakukan penjulan, akun facebook personal lebih tepat digunakan untuk melakukan Personal Branding, apakah itu?…… yuk baca disini lengkapnya

Kenapa? Karena akun facebook personal tidak dapat meningkatkan kepercayaan di depan calon konsumen. Jadi jika kamu ingin melakukan promosi dan penjualan, ada baiknya gunakan akun facebook khusus yang disebut dengan Fanpage.  Contoh fanpage saya yang berisikan postingan personal branding, story telling dan jualan.

 

Bagaimana saya bisa promosi dan jualan di facebook

Kamu harus terlebih dulu membangun fanpage atau halaman tersebut, mengundang teman menjadi followers, dan ini tidak bisa dilakukan dalam semalam, kamu butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Sambil memperbanyak followers kamu harus konsisten melakukan 3 hal : Personal Branding, Story Telling dan sedikit psotingan jualan agar folowers tidak merasa fanpage atau halaman kamu sebagai akun jualan yang menjemukan, membosankan dan tidak berguna. Mereka bisa kapan saja unfollow jika postingan kamu tidak bermanfaat baginya.

Hindari jualan di facebook fanspage secara langsung, dulu memang bisa langsung jualan di Facebook. Namun di jaman sekarang ada baiknya jangan menjual produk secara langsung di akun Fanpage. Lebih baik sarankan konsumen untuk membeli produk yang kamu jual melalui toko online milik kamu sendiri (Personal Beauty Store) yang disediakan Oriflame.

 

Kenapa kamu sebaiknya tidak secara langsung jualan terang-terangan?

Karena menjual produk secara langsung di facebook tidak memberikan kelebihan apapun bagi konsumen. Selain itu, mayoritas orang jaman sekarang juga lebih memilih membeli produk secara langsung di marketplace, sementara sesuai peraturan Oriflame, member tidak boleh menjual produk Oriflame di Marketplace. Lalu kamu harus promosi dan jualan dimana? …..

Buat toko online mu sendiri, disini panduannya, mulai membuat postingan menarik dengan teknik story telling di social media seperti : facebook, atau status WhatsApp, dll.

Kamu bisa memanfaatkan Facebook untuk mendukung proses jualan online,  kemudian dilanjutkan melalui komunikasi pribadi seperti WhatsApp,  Telegram, Line,  dengan menggunakan link Personal Beauty Store.

 

Adakah Social Media lainnya yang bisa digunakan untuk berjualan selain di facebook?
Pepatah mengatakan, “Dunia tidak selebar daun kelor”  atau  “Banyak jalan menuju Roma”

Jualan Langung, inilah yang sesungguhnya dari konsep direct selling Oriflame, melayani pelanggan dengan sentuhan langsung, temui prospek yang terdekat dan terjangkau, lebih mudah terjadi order jika kamu lakukan cara ini.

Instagram

WhatsApp, 
Aplikasi ini bagus banget buat kamu prospek untuk mendapatkan pelanggan dan rekrut downline dengan cara yang lebih mudah, cepat dan jangkauan yang lebih luas. Gratis chatting tanpa batas dan kirim gambar katalog melalui personal chatting ataupun group, semuanya mendukung promosi online lebih mudah, lanjut detailnya disini yaaa

Tiktok

Bagi sebagian orang, ini mungkin sepertinya hanya aplikasi video sinkronisasi bibir untuk remaja, tapi ternyata jauh lebih dari itu, kamu bisa memperkenalkan produk dan bisnis Oriflame jika target marketnya adalah remaja hingga orang usia 24 tahun. Lalu bagaimana tips dan trik promosi bisnis online lewat TikTok? Berikut ini 5 cara promosi bisnis online menggunakan TikTok.

Yotube
Sekarang kamu bayangkan deh… Lebih mudah mana, menonton video 5 menit bagaimana cara make up yang benar, atau membaca tutorial make up 2 halaman yang memberikan tahapan-tahapan secara detail?…. Tentunya tutorial dalam bentuk video lebih mudah dipahami, bukan?

Nah… mampukah kamu mengedukasi penonton untuk melakukan sesuatu yang akhirnya berujung dengan menarik mereka untuk menjadi pelanggan?

Contohnya begini:
Misalkan kamu menjual bedak, kamu bisa membuat video tutorial seperti  “Make up glowing”, atau  “makeup natural” Lalu dalam video tutorial itu kamu bisa sisipkan juga bedak  yang di jual untuk  mendapatkan hasil make up glowing. Masuk akal bukan?

 

Segala penggunaan logo dan gambar adalah hak cipta Oriflame Cosmetics SA
BundaZahra.com 2010 - 2022 All right Reserved

error: Maf tidak bisa dicopy...